Blogroll

Penjelasan tentang E commerce

A.Pengertian E commerce





       E commerce adalah sejenis transaksi menggunakan jalur internet/Electronic Data Interchange(EDI),E commerce bisa disebut juga bisnis online.semua orang bisa menggunakan E commerce ini termasuk anda yang melihat artikel ini.

      E commerce menurut Vermaat (2007:83). E commerce adalah transaksi bisnis yang terjadi dalam jaringan elektronik seperti internet. Semua orang termasuk Anda jika memiliki jaringan internet akan dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini.


      Menurut Jony wong (2010:33), definisi e commerce adalah pembelian, penjualan dan pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik. Media sistem elektronik yang dimaksud oleh Jony Wong yaitu televisi, radio, maupun jaringan komputer atau internet.



B.Jenis E commerce


 1.E-Commerce Business to Business (B2B)

       merupakan bisnis e commerce yang dijalankan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan   bisnis di dalamnya, dimana kedua belah pihak sudah saling mengenal dan saling mengetahui proses bisnis       yang mereka lakukan satu sama lain.

       B2B merupakan jenis bisnis yang dilakukan secara berkelanjutan atau saling berlangganan dalam suatu     ikatan bisnis tertentu atas dasar saling menguntungkan dan saling percaya.


       Contoh bisnis e commerce B2B yaitu dua perusahaan yang saling mengadakan transaksi jual beli melalui     transaksi online di internet yang pembayaran menggunakan kartu kredit.



  2. E-Commerce Business to Customer (B2C) 

      adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsume, seperti antara produsen yang   menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum secara online. Pihak produsen melakukan bisnis     dengan menjual dan memasarkan produknya ke konsumen tanpa adanya feedback dari konsumen untuk   melakukan bisnis kembali kepada pihak produsen (tidak berlangganan). Artinya produsen hanya menjual   produk atau jasa dan konsumen hanya sebagai pemakai atau pembeli.


3. E-Commerce Consumen to Business (C2B) 
    dilakukan oleh konsumen kepada produsen yang menjual produk / jasa. Contoh: konsumen akan   memberitahukan detail produk / jasa yang dia inginkan melalui media internet, kemudian produsen akan   menawarkan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen tersebut.



C.Manfaat E-commerce
Ada beberapa manfaat e-commerce, yaitu:
  • Mempermudah komunikasi antara produsen dan konsumen.
  • Mempermudah pemasaran dan promosi barang atau jasa.
  • Memperluas jangkauan calon konsumen dengan pasar yang luas.
  • Mempermudah proses penjualan dan pembelian.
  • Mempermudah pembayaran karena dapat dilakukan secara online.
  • Mempermudah penyebaran informasi.
D.Keuntungan E commerce

  •  menjual produk atau jasa secara online tanpa harus mendirikan tooko atau kantor besar seperti yang dilakukan oleh para pelaku bisnis offline sebagai tempat usaha.
  • Hanya dengan memanfaatkan jaringan internet, Anda sudah bisa memasarkan produk atau jasa kepada konsumen kapanpin dan di manapun.
  • kemudahan berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Dari segi pemaaran barang juga jauh lebih menguntungan karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk melakkan promosi.
  • Hanya dengan menggunakan jaringan internet, Anda sudah bisa memasarkan produk atau jasa Anda secara meluas ke masyarakat.